Edukasi Gizi Seimbang untuk Remaja Di MAN 2 Bantul

Authors

  • Sarni Anggoro Program Studi, Kesehatan Masyarakat, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surya Global Yogyakarta Author
  • Tantiana Isnaningsih Program Studi, Kesehatan Masyarakat, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surya Global Yogyakarta Author
  • Chanif Kurnia Program Studi, Kesehatan Masyarakat, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surya Global Yogyakarta Author
  • Ahmad Khamid Program Studi, Kesehatan Masyarakat, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surya Global Yogyakarta Author

DOI:

https://doi.org/10.62358/z8ncva06

Keywords:

remaja, edukasi, gizi

Abstract

Usia remaja merupakan masa transisi atau peralihan dari masa anak-anak beranjak ke dewasa. Salah satu perkembangan pada remaja dalam siklus kehidupannya terjadi perubahan kematangan pada organ reproduksi. Pada masa ini remaja harus mendapatkan asupan gizi yang seimbang untuk mendukung proses tumbuh dan kembang remaja secara optimal. Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan di MAN 2 Bantul dengan peserta siswa siswi kelas XI. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang gizi remaja. Kegiatan yang dilakukan berupa edukasi dengan tema gizi remaja. Hasil menyatakan adanya peningkatan pengetahuan yang terlihat pada nilai pretest dan posttest. Nilai posttest menunjukkan rentang 90% hingga 100% memahami tentang pengertian, akibat, manfaat, cara menata gizi serta pola makan sehat pada remaja.  Nilai ini sesuai dengan indicator ketercapaian yang ditetapkan. Selama kegiatan berlangsung peserta memperhatikan materi dan dapat aktif dalam diskusi. Melihat hasil ini maka dapat disimpulkan kegiatan berjalan dengan baik dan lancer serta sesuai capaian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Jannah M. Remaja Dan Tugas-Tugas Perkembangannya Dalam Islam. Psikoislamedia J Psikol. 2017;1(1):243–56. DOI: http://dx.doi.org/10.22373/psikoislamedia.v1i1.1493

Rizkyta DP, N Nuraf. Hubungan antara Persepsi Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan dan Kematangan Emosi pada Remaja. J Psikol Pendidik dan Perkemb [Internet]. 2017;6:1–13. Available from: https://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-jppp4092b87582full.pdf

Murni. Perkembangan fisik, kognitif, dan psikososial pada masa kanak-kanak awal 2-6 tahun. Pus J UIN Ar-Raniry. 2017;III(I):19–33.

Salsabilla A. Hubungan Body Image Dan Self Esteem Dengan Self Confidence Pada Remaja Putri Di Sma Hang Tuah 1 Surabaya Dan SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya Self Confidence Pada Remaja Putri Di Sma Hang Tuah 1 Surabaya Dan SMA Wachid Hasyim 1 [internet]. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Surabaya; 2020. Available from: http://repository.stikeshangtuah-sby.ac.id/625/1/SKRIPSI ANNISA SALSABILLA-.pdf

Ardiansyah. yankes.kemkes.go.id. 2022 [cited 2024 Mar 5]. Kesehatan Reproduksi Remaja : Permasalahan dan Upaya Pencegahan. Available from: https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/29/kesehatan-reproduksi-remaja-permasalahan-dan-upaya-pencegahan

Muliani U, Sumardilah DS, Lupiana M. Asupan Gizi Dan Pengetahuan Dengan Status Gizi. Cendekia Med J STIKES Al-Ma’arif Baturaja. 2023;8(1):35–42. DOI : https://doi.org/10.52235/cendekiamedika.v8i1.202

Rah JH, Melse-Boonstra A, Agustina R, van Zutphen KG, Kraemer K. The Triple Burden of Malnutrition Among Adolescents in Indonesia. Vol. 42, Food and nutrition bulletin. United States; 2021. p. S4–8.

Baroroh U, Latifah U, Hidayah SN. Peningkatan pengetahuan dan keterampilan remaja tentang gizi isi piringku sebagai upaya menurunkan triple burden malnutrition. JMM (Jurnal Masy Mandiri). 2022;6(5):1–9.

Kemenkes RI. Hasil Utama Riskesdas 2018. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia; 2018.

UNICEF. Strategi Komunikasi Perubahan Sosial Dan Perilaku: Meningkatkan Gizi Remaja Di Indonesia [Internet]. April. Unicef Indonesia; 2021. Available from: https://www.unicef.org/indonesia/media/9241/file/Strategi&hx2009

Fouad HM, Yousef A, Afifi A, Ghandour AA, Elshahawy A, Elkhawass A, et al. Prevalence of malnutrition & anemia in preschool children; a single center study. Ital J Pediatr. 2023 Jun;49(1):75.

Agustina R, Wirawan F, Sadariskar AA, Setianingsing AA, Nadiya K, Prafiantini E, et al. Associations of Knowledge, Attitude, and Practices toward Anemia with Anemia Prevalence and Height-for-Age Z-Score among Indonesian Adolescent Girls. Food Nutr Bull. 2021 Jun;42(1_suppl):S92–108.

Angraini, W. D. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(8), 1–11. https://repository.unsri.ac.id/27031/

Sitohang, J. (2017). Penerapan Metode Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sekolah Dasar. Suara Guru : Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 3(4), 681–687. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i4.4851

Sulistyowati, A., Putra, K. W. R., & Umami, R. (2017). Hubungan Antara Usia Dan Tingkat Pendidikan Dengan Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Perawatan Payudara Selama Hamil Di Poli Kandungan Di Rsu Jasem, Sidoarjo. Jurnal Nurse and Health, 6(2), 40–43. https://doi.org/DOI. 10.5281/zenodo.1464319

Downloads

Published

2024-07-15

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1-10 of 23

You may also start an advanced similarity search for this article.